FUN OUTBOUND PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA


Pada tanggal 8 April 2017 staf perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia mengadakan fun outbound dalam rangka memperingati ulang tahun Perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia yang ke-63. Outbound ini diikuti oleh 34 peserta yang berlokasi di Natural Hill, Parongpong, Bandung. Kegiatan ini diawali dengan menjejali kegiatan offroad, semua peserta terlihat begitu antusias karena merasakan ombang-ambingnya jalan dan keseruan lainnya selama kegiatan offroad.

Kemudian dilanjutkan dengan makan siang dan pembagian doorprize sebelum memasuki kegiatan selanjutnya. Suasana peserta pada saat pembagian doorprize tampak begitu meriah terlebih lagi ketika Ibu Dra. Nana Ratna Rosinar, MLIS selaku public relation officer membawakan hadiah menarik berupa satu unit  handphone di hadapan seluruh peserta.

Kegiatan outbound dimulai tepat pukul 13.00 WIB dan dibuka dengan proses Ice Breaking dan dilanjutkan ke sesi instant grouping oleh master gamepada sesi ini kelompok besar dibagi menjadi kelompok yang lebih kecil secara random dengan games “Mari Berjalan-jalan”. Seluruh peserta terbagi ke dalam 3 kelompok kecil yang terdiri dari 11 sampai 12 orang. Setelah kelompok-kelompok kecil terbentuk, setiap fasilitator memandu masing-masing kelompoknya untuk membuat nama kelompok beserta filosofinya, yel-yel kelompok lengkap dengan gerakannya, serta membuat bendera kelompok menggunakan media yang telah disediakan sebagai bentuk identitas tiap kelompok.

  

Kemudian lanjut pada sesi moving stage yang diisi dengan games yang meliputi Every Body Stand Up, Hands Note, Tapak Bumi, Trust Game, dan Sherpa Walk. Pada sesi ini, seluruh peserta tampak begitu semangat dan menikmati permainan-permainan tersebut. Bahkan terdapat kelompok yang masih tetap ingin menyelesaikan permainan meskipun telah memasuki waktu coffee break.

Setelah proses moving stage berakhir, kemudian dilanjutkan dengan proses refreezing. Proses ini diisi oleh Water Project yang merupakan Final Game Activity dalam outbound ini.

Pada water project ini peserta diminta untuk mengeluarkan bola dengan menggunakan media berupa pipa yang sudah dilubangi sebelumnya, namun mengeluarkan bola dari pipa tersebut tidaklah mudah. Terdapat beberapa rintangan dalam water project ini. Pertama, peserta diminta untuk mengambil air yang telah disediakan dengan ember berlubang, kemudian menggunakan terpal sebagai media transfer air. Selain terpal, media lain yang digunakan adalah pipa yang berukuran kurang lebih 15 cm. Semua media tersebut telah tersedia sehingga peserta bisa langsung fokus menyelesaikan misi dari water project iniFinal Game Activity ini dilakukan dengan tujuan untuk menghilangkan perbedaan kelompok serta membentuk satu kelompok besar yang baru yaitu Perpustaaan Universitas Pendidikan Indonesia.

Usai para peserta berhasil menyelesaikan tantangan di Final Game Activity, master game mengajak para peseta untuk berkumpul di tengah lapangan utama untuk membuat komitmen baru staf perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia di atas kanvas komitmen yang telah tersedia. Setelah komitmen dibuat dan disepakati bersama, master game meminta bapak Dr. Doddy Rusmono, MLIS sebagai pimpinan Perpustakaan untuk memimpin pembacaan komitmen yang kemudian diikuti oleh seluruh peserta. Selanjutnya para peserta menandatangani kanvas komitmen tersebut sebagai tanda keikutsertaan dalam menjaga komitmen yang telah dibuat dan dibacakan secara bersama-sama.

Kegiatan fun outbound perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia ini diakhiri dengan photo session bersama dan ditutup dengan pemberian kenang-kenangan berupa buku Revolusi Mental dalam Praktik Soft Skill karya CEO Gibasa Consultant, Saeful Zaman, S.Psi, MM. dan Tim Gibasa Consultant kepada setiap peserta.