How To Be An Accurate Evaluator With Measurable Concept


“One accurate measurement is worth more than a thousand expert opinions”.

-Admiral Grace Hopper-

Sebuah pengukuran menjadi hal yang terpenting untuk menjaga objektivitas yang tentunya juga akan memudahkan kita dalam melakukan evaluasi terhadap pekerjaan yang dilakukan, salah satu contohnya adalah dalam perumusan dan evaluasi program pelatihan. Dalam pengukuran sebuah program pelatihan, pengukuran difokuskan pada bagaimana efektifitas program pelatihan yang akan atau yang telah dilaksanakan dapat mempengaruhi kelangsungan instansi atau perusahaan.

Pengukuran tersebut biasanya berupa item atau soal, untuk membuat item atau soal yang representative, maka ada beberapa yang harus dikuasai. Diantaranya pembuatan concept, content, dan cognitive, pembuatan indikator, pembuatan blueprint, pengujian reliabilitas, pengujian validitas, dan sebagainya. Hal tersebut pastinya cukup menjadi pekerjaan rumah bagi bagian pendidikan dan pelatihan di setiap instansi ataupun perusahaan untuk merumuskan dan melakukan evaluasi program pelatihan yang terukur secara objektif.

Berdasarkan pemaparan itulah PT. Psikologi Bagi Bangsa (Gibasa Consultant) menyelenggarakan Public Workshop Certification of Training Program Measuring Tool. Workshop ini difokuskan bagi bagian Diklat untuk segala jenis instansi atau perusahaan. Public Workshop ini dilaksanakan selama 4 hari berturut-turut yaitu pada anggal 17-20 April 2018 yang bertempat di Sensa Hotel, Cihampelas, Bandung.

Peserta tiba di Sensa Hotel Cihampelas, Bandung pada hari Selasa 17 April 2018 pada pukul 14.30 WIB dan langsung melakukan check in, lalu kemudian dilanjutkan melakukan dengan registrasi. Peserta yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari 12 orang yang terdiri dari 2 peserta laki-laki dan 10 peserta perempuan dengan keterangan 7 peserta dari BPJS Kesehatan, 1 peserta dari pribadi, 1 peserta dari GLS, dan 1 peserta dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Kegiatan Public Workshop ini dimulai tepat pada pukul 15.30 WIB dengan pembukaan secara resmi dan sekaligus pembacaan doa oleh Saeful Zaman, S.Psi., M.M. selaku Direktur Gibasa Consultant. Selanjutnya masuk pada perkenalan dengan tim narasumber yang diantaranya Bapak Zuhdi Budiman, S.Psi., M.Si., Bapak Baydowi, M.Si., dan Bapak Suhana, M.Psi. Sambil menikmati coffee break yang sudah tersedia, peserta juga diarahkan pada pengenalan materi melalui materi pengantar yang disampaikan oleh Bapak Baydowi, M.Si. Selama pemaparan materi pengantar ini, peserta terlihat antusias dengaan fokus pada apa yang disampaikan oleh narasumber di depan, peserta juga aktif dengan melontarkan banyak pertanyaan selama proses pematerian. Kegiatan dihari pertama selesai pada pukul 17.00 WIB dan peserta pun dipersilahkan untuk beristirahat.

Dilanjutkan pada hari kedua, kegiatan dimulai pada pukul 08.15 dengan pemaparan materi mengenai pembuatan indikator dan bagaimana cara membuat soal pilihan ganda yang tepat. Selain itu setelah menikmati coffee break yang sudah disediakan, peserta disuguhkan materi mengenai konsep pengukuran dalam ilmu Psikologi, pada materi ini peserta juga diajarkan bagaimana cara menyusun alat ukur Psikologi. Pada pukul 12.00 WIB peserta diarahkan untuk istirahat dan makan siang, sebelum berikutnya melakukan praktek pembuatan soal.

Kegiatan dihari kedua kembali dimulai pada pukul 13.00 dengan agenda latihan membuat soal-soal atau alat ukur program pelatihan. Dalam pelaksanaannya, peserta dibagi menjadi pada dua kelompok, dimana satu kelompok membuat soal-soal mengenai tes ability dan satu kelompok lagi membuat soal-soal mengenai tes non-ability. Kegiatan praktek ini dilakukan hingga pukul 15.30 WIB sambil melakukan break untuk sholat dan menikmati coffee break yang sudah disediakan. Setelah semua kelompoknya selesai membuat soal-soal pengukuran yang ditugaskan, masing-masing kelompok menukar soal-soal yang telah dibuat untuk kemudian diisi oleh kelompok lain. Setelah itu, masing-masing kelompok mempresentasikan hasil pekerjaannya didepan peserta dan kelompok yang lain. Kegiatan hari kedua, berakhir pada pukul 17.00.Pada hari ketiga, kegiatan dimulai pada pukul 08.00 WIB peserta dibekali dengan materi analysis item dan scoring item. Pada hari ketiga ini, peserta diberikan pemaparan materi oleh Bapak Zuhdi Budiman, S.Psi., M.Si., setelah menikmati coffee break pertama pada pukul 10.00, peserta disibukkan dengan tugas-tugas dan kegiatan practice terkait dengan pembuatan analisis item dan item scoring.        

 

Pada hari terakhir yaitu hari keempat, kegiatan dimulai pada pukul 08.00 WIB. Kegiatan pada hari terakhir diawali dengan pemaparan materi reporting hingga pukul 10.00 WIB. Sambil menikmati coffee break yang sudah disediakan peserta kembali melakukan kegiatan praktek terkait dengan materi reporting. Selanjutnya, hari keempat ditutup dengan general review dari seluruh rangkaian kegiatan dari hari pertama sampai hari keempat.

Sebelum peserta meninggalkan tempat kegiatan, para peserta mengungkapkan kepuasan terhadap public workshop yang diselenggarakan oleh Gibasa Consultant, karena dirasa sesuai dengan kebutuhannya saat ini. Peserta merasakan bahwa kegiatan ini berbeda dengan workshop-workshop lainnya. Mendapatkan pengetahuan baru dalam proses mendesain sebuah pengukuran dalam program pelatihan sekaligus mengimplementasikannya.