OUTBOUND UPGRADING BPJS KETENAGAKERJAAN


img_1644       1-foto-sesion-awal

Batch I                                                                                 Batch II

Kegiatan Outbound Upgrading staf Kantor Cabang Perintis (KCP) BPJS Ketenagakerjaan ini dilaksanakan sebanyak dua batch, yaitu pada tanggal 19 dan 27 September 2016 yang berlokasi di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, kawasan Jakarta Timur. Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak kurang lebih 250 orang peserta. Secara keseluruhan, kegiatan ini diawali dengan prosesi penyambutan para peserta outbound oleh para fasilitator, tepat ketika para peserta turun dari bis serta ketika peserta memasuki area outbound. Hal ini dilakukan sebagai salah satu wujud rasa hormat dan antusias tim penyelenggara serta sebagai sarana untuk membangun first impression yang baik dengan peserta. Setelah seluruh peserta memasuki area outbound, peserta kembali disambut dengan welcome drink yang sudah disediakan oleh tim penyelenggara sekaligus memberikan kesempatan kepada peserta untuk beristirahat sejenak sebelum memasuki kegiatan selanjutnya.

Kegiatan outbound dimulai tepat pukul 08.00 WIB. Trainer memandu para peserta untuk melakukan photo session di awal kegiatan. Setelah itu, trainer didampingi oleh Master Game mengarahkan peserta untuk berkumpul di tengah lapangan untuk memulai kegiatan secara resmi. Kegiatan pembuka diawali dengan pembacaan doa bersama yang dipimpin oleh salah satu peserta, dilanjutkan dengan sambutan dari pihak BPJS dan Gibasa Consultant.  Setelah itu, kegiatan  dilanjutkan dengan pemaparan dari trainer mengenai golden rules yang harus disepakati oleh seluruh peserta selama kegiatan berlangsung. Setelah golden rules dibuat dan disepakati bersama, trainer meminta para peserta untuk membuat yel-yel kelompok besar yang terdiri dari 3 kata dan menggambarkan BPJS Ketenagakerjaan saat ini dan harapannya di masa depan.

“BPJS KETENAGAKERJAAN…

LUAR BIASA! MANTAP! EXCELLENT!!!”

Kata-kata di atas merupakan yel-yel kelompok besar yang berhasil dibentuk oleh para peserta berikut gerakan tubuh yang mendukung dalam mengekspresikan ketiga kata tersebut. Kegiatan dilanjutkan dengan perkenalan tim Gibasa Consultant. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan ice breaking guna mencairkan suasana dan memecah kekakuan, baik antar peserta maupun antara peserta dan fasilitator,. Selain itu kegiatan ini juga sebagai salah satu sesi adaptasi agar peserta semakin melebur dengan kegiatan sebenarnya.

4-instan-grouping

Ketika suasana antara peserta dan falisilitator mulai mencair, Master Game melakukan proses instant grouping, yaitu membagi kelompok besar menjadi kelompok yang lebih kecil secara random dengan games sebagai medianya. Melalui games “Mari Berjalan-jalan”  peserta terbagi ke dalam 5-7 kelompok kecil yang terdiri dari 19 hingga 21 orang. Setelah kelompok kecil terbentuk, setiap fasilitator dan observer masuk ke dalam setiap kelompok kecil dan memandu para peserta untuk membuat nama kelompok beserta filosofinya, yel-yel kelompok lengkap dengan gerakannya, serta membuat bendera kelompok menggunakan media yang sudah disediakan.

Kegiatan dilanjutkan dengan berkumpulnya peserta di tenda sesuai dengan kelompoknya masing-masing untuk simulasi change paradigm yang dipandu oleh trainer. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan pada peserta tentang bagaimana  memilih sudut pandang dalam menyikapi suatu  permasalahan. Usai kegiatan tersebut, peserta kembali dipandu oleh Master Game untuk mengisi inventory test dengan tujuan memberikan data tambahan pada pihak managemen BPJS terkait potensi yang dimiliki oleh masing-masing peserta.

Usai proses inventory test, setiap kelompok beserta fasilitator dan obeservernya masing-masing melanjutkan kegiatan  games yang sudah disiapkan oleh tim Gibasa Consultant. Games dikemas dengan sistem pos, dimana setiap kelompok harus berkeliling untuk menyelesaikan setiap tantangan pada pos yang telah ditentukan. Waktu maksimal yang dimiliki setiap kelompok untuk menyelesaikan games adalah 45 menit. Games yang disediakan meliputi Entrapment, Three In A Row, Tower Block, Radio Active, Folding Map, dan “A” Frame. Setiap games dilengkapi dengan tugas, cara, dan aturan bermain yang dijelaskan oleh para fasilitator. Jika ada kelompok atau peserta yang melanggar aturan, maka permainan harus dimulai dari awal.

Usai semua kelompok kecil menyelesaikan tantangan di setiap pos, kegiatan dilanjutkan dengan Competition Games sebagai sarana untuk melihat sejauh mana kekuatan kelompok telah terbangun serta sinergitas kelompok ketika bertanding dengan kelompok lain. Sesi ini juga dimanfaatkan sebagai salah satu cara menentukan kelompok yang terbaik selama kegiatan berlangsung. Competition games yang dilakukan diantaranya kompetisi yel antar kelompok, Stick Transfer, Tapak Bumi, Chocolate River, Hula Hoop, dan Shoes Tower.

Kegiatan selanjutnya adalah peserta ditantang untuk menyelesaikan Final Game Activity, yakni peserta diminta untuk membuat peradaban baru di tempat baru lengkap dengan rumah adat, tarian adat, lagu adat, dan baju adat. Peradaban baru ini kemudian ditandai dengan pembuatan simbol 7 menara yang menopang pencanangan bendera BPJS dengan menggunakan media yang telah disediakan oleh tim Gibasa Consultant. Tantangan ini harus diselesaikan dalam waktu 20 menit sesuai dengan kesepakatan antara para ketua kelompok dengan trainer. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghilangkan perbedaan kelompok serta membentuk satu kelompok besar yang baru yaitu BPJS KETENAGAKERJAAN.

15-komitmenUsai para peserta berhasil menyelesaikan tantangan di Final Game Activity, trainer kemudian memandu peserta untuk melakukan general review, yakni menyimpulkan esensi dari semua kegiatan yang telah dilakukan dari awal hingga akhir. Hasil dari general review yang sudah disampaikan oleh para peserta kemudian dirangkaikan menjadi satu kalimat utuh yang kemudian menjadi komitmen bersama para peserta BPJS Ketenagakerjaan. Komitmen tersebut kemudian ditulis di kanvas yang sudah disiapkan tim Gibasa Consultant, lengkap ditandatangani oleh para ketua kelompok kemudian diikrarkan bersama-sama dengan dipimpin oleh satu peserta.

Kegiatan Outbound Upgrading staf Kantor Cabang Perintis (KCP) BPJS Ketenagakerjaan kemudian ditutup dengan berfoto bersama semua peserta BPJS, panitia BPJS, dan tim Gibasa Consultant. Setelah berfoto, tim Gibasa Consultant kembali bersiap-siap untuk mengantar para peserta memasuki bis untuk kembali ke penginapan sekaligus melakukan “Say Bye-bye” dengan para peserta.

 

foto-bersama-kertas-komitmen

“Bye byeee!”

TESTIMONI:

“Saya Kiki dari BPJS Ketenagakerjaan mewakili seluruh teman-teman yang hadir bergabung mengucapkan terimakasih banyak ke Gibasa. Ini memang pertama kalinya kita bekerjasama, tapi so far saya sama teman saya Mba Riri dan peserta merasa enjoy selama satu hari mengikuti kegiatan. Semuanya rapi, terkoordinir dari awal sampai akhir, kemudian permainannya relatif baru buat kita jadi seru. Makananannya enak juga, kemudian pemilihan tempatnya buat saya cocok karena dari segi privacy kita dapet, kemudian kamar mandinya juga bersih, lokasinya enak banget buat outbound jadi serasa wilayah punya sendiri. Semoga ke depannya bisa kerjasama lagi karena saya lihat Gibasa positif untuk outbound” (Kiki – panitia BPJS Ketenagakerjaan)