Ready To Work, For A Better Life


“Push yourself to do more. Do not accept a life of average. Work hard, train hard, and be the best that you can be.”
— Unknown —

Sumber daya manusia merupakan modal terpenting bagi kemajuan sebuah perusahaan, karena SDM adalah sebagai penggerak roda dan pengelola perusahaan. Maka, sumber daya manusia yang bermutu semakin dibutuhkan setiap perusahan untuk mencapai sasaran perusahaan. Semakin baik kualitas sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan maka daya saing perusahaan tersebut akan semakin baik. Dengan begitu kualitas SDM menjadi fokus utama dari berbagai perusahaan.

Dari kebutuhan perusahaan akan tenaga kerja atau SDM, maka dilakukanlah proses seleksi. Proses seleksi ini, dilakukan dengan tujuan perusahaan bisa mendapatkan SDM yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan tentunya berkualitas.

Dengan adanya proses seleksi, tuntutan tanggungjawab pekerjaan, dan tuntutan lingkungan pekerjaan yang mungkin belum terbayang sebelumnya. Sudah seharusnya para freshgraduate yang juga pencari kerja, memiliki persiapan secara mental dan pengetahuan mengenai dunia baru yang akan dihadapinya, termasuk juga memahami proses-proses seleksi diperusahaan.

Berdasarkan alasan itulah SMK Negeri 7 Bandung bekerjasama dengan Gibasa Consultant menyelenggarakan Seminar Kesiapan Kerja bagi para siswa. Seminar ini diperuntukan bagi 500 orang siswa kelas 3 SMKN 7 Bandung. Seminar ini ini dilaksanakan selama 1 hari yaitu pada tanggal 27 Januari 2018 dan bertempat di SMKN 7 Bandung.
Seminar ini terbagi menjadi beberapa sesi. Sesi pertama yaitu pemaparan materi tentang pengenalan diri (konsep diri) yang disampaikan oleh Saeful Zaman, S.Psi., M.M. Diawal sesi pertama, peserta diarahkan untuk merubah pikiran negatif menuju pikiran yang positif agar mampu menjadi pribadi yang lebih positif disemua aspek kehidupan. Selain itu, peserta juga diajak untuk mengenali diri lewat simulasi Twenty Statements Test. Dalam simulasi ini, peserta diminta untuk membentuk 20 kalimat yang dimulai dengan kata “Aku”. Dari simulasi tersebut, kita bisa mengetahui proporsi penilaian peserta terhadap dirinya, dilihat dari seberapa banyak poin negatif dan positif yang ada pada setiap kalimatnya. Hal ini diharapkan bisa menjadi trigger bagi peserta untuk memiliki konsep diri yang lebih positif.

Dilanjutkan pada sesi kedua yaitu pemaparan materi pentingnya softskill di dunia kerja. Pada sesi ini, disampaikan pengertian mengenai hardskill dan softskill. Selain itu, ada juga pembahasan mengenai sejauh mana softskill ini penting dan harus dimiliki, serta alasan kenapa softskill menjadi hal yang diperhitungkan oleh perusahaan-perusahaan saat mencari SDM. Pada sesi ini, peserta juga dibekali dengan 9 keterampilan softskill.
Sesi ketiga adalah pemaparan materi tentang memahami proses seleksi/rekrutmen. Diawal sesi ketiga, peserta dibekali dengan tahapan seleksi yang biasa digunakan di perusahaan. Berlanjut ke materi mengenai psikotes, disini disampaikan alasan kenapa dalam proses seleksi ada psikotes, fungsi dan juga tips and trick saat menghadapi psikotes.

 

Setelah itu berlanjut ke pemaparan materi membuat CV dan surat lamaran pekerjaan. Dalam pembahasan ini juga disampaikan poin-poin mengenai bagaimana CV yang baik. Adapun simulasi pembuatan CV, disini peserta diarahakan untuk menuliskan poin-poin penting yang harus ada dalam sebuah CV sehingga bisa menjadi panduan saat membuat CV mereka kedepannya. Tidak hanya sampai di materi pembuatan CV dan lamaran, disesi ini peserta juga mendapatkan materi mengenai interview. Peserta dibekali dengan tips and trick saat interview, termasuk pertanyaan yang sering ditanyakan saat interview. Selain itu, kita melakukan simulasi interview dengan melibatkan 1 orang peserta sebagai contoh, agar seluruh peserta mempunyai bayangan mengenai proses interview yang akan mereka hadapi saat melamar bekerja nanti. Simulasi interview ini pun menjadi penutup di sesi ketiga.

Terakhir adalah sesi feedback serta de brief selama kegiatan seminar berlangsung. Kegiatan seminar pun ditutup dengan sesi video dengan menyerukan tagline mereka dengan penuh semangat. Sebelum peserta meninggalkan tempat kegiatan, para peserta mengungkapkan kepuasan terhadap materi seminar yang disampaikan oleh Tim Gibasa Consultant, karena dirasa sesuai dengan kebutuhannya saat ini. Tidak hanya dipenghujung acara, peserta juga memperlihatkan kepuasannya dari awal kegiatan dengan menunjukan antusiasnya yang tinggi selama kegiatan berlangsung.

Knowing what you have, and work happily later 
Salam Sukses!